Gubuk Praya

 


 

Foto gubuk praya

Tempat wisata yang baru banyak dicari oleh pecinta traveling . Para traveler selalu mengagendakan pergi ke tempat baru yang unik dan belum banyak terjamah orang. Entah karena penasaran, karena banyak pengunjung atau pula karena nama tempatnya yang unik. Apalagi ketika tempat baru tersebut tidak jauh dari rumah kita dan bisa dijangkau hanya dengan mengendarai sepeda motor.  Pasti hayuk meluncur.

Seperti di daerah dekat rumahku,  ada satu alas atau hutan yang digunakan sebagai tempat wisata. Gubuk Praya namanya. Nama Gubuk Praya berasal dari alas yang bernama praya. Awalnya alas tersebut di bangun  satu gubuk yang digunakan untuk melakukan pengobatan alternatif. Dari pengobatan alternatif tersebut bayak masukan dari pasien yang menyarankan untuk membuat sebuah tempat wisata baru dengan membangun sebuah gubuk di sebelahnya. Gubuk tersebut hingga sekarang dinamakan Gubuk Praya.

Gubuk Praya mempunyai Luas 3.600 meter persegi. Keadaan tanah yang sangat potensial untuk dibangun objek wisata. Selain tanahnya yang luas, alas tersebut berada di tengah-tengah hutan dengan pemandangan sungai kacangan yang sangat menyejukkan hati ketika kita mengunjungi gubuk tersebut. Untuk sampai ke gubuk tersebut, kita harus melewati kebun terlebih dahulu sekitar 100 meter dari tempat parkir. Tidak terlalu jauh sehingga sangat mudah di jangkau oleh semua kalangan.

Lokasi Gubuk Praya

Gubuk Praya berada di Desa Sambong Kecamatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara. Awalnya Gubuk tersebut merupakan milik seorang Kepala Sekolah di salah satu SMP di Banjarnegara, yaitu Bapak Drajat. Keren! Pak Drajat merupakan seseorang yang sangat sederhana dan suka berpetualang di alas. Tidak karena beliau adalah pemilik Gubuk Praya, lantas beliau tidak bersedia untuk mengurus gubuk tersebut dengan duduk di rumah sambil menonton film bucin yang ada di televisi. Beliau juga ikut andil dalam pembangunan di Gubuk Praya tersebut.

            Beliau sangat sederhana. Bahkan ketika aku berkunjung kesana, beliau hanya memakai kaos dan celana boxer. Baju dan celananya pun seperti orang habis pergi ke kebun untuk mencangkul. Masih ada tanah yang tersisa di baju dan celananya.



            Nuansa gubuk yang sederhana tersebut adalah salah satu daya tarik pengunjung. Gubuk tersebut seperti rumah pada umumnya yang terbuat dari kayu dan berbentuk segitiga. Ketika mengunjungi gubuk tersebut rasanya seperti bernostalgia di tahun 80-90 an. Berasa hidup di zaman belum ada listrik, belum ada gadget dan segala rupa junkfood.

Harga Masuk Gubuk Praya


 

Pengunjung Gubuk Praya di Weekdays bisa mencapai 50 orang per hari. Selama weekend pengunjung yang dating ke Gubuk Praya sekitar kurang lebih 100 orang per hari. Setiap pengunjung hanya membayar tiket sebesar Rp. 5.000., untuk orang dewasa. Sedangkan untuk anak dibawah 5 tahun gratis tiket masuk.

Spot Foto Gubuk Praya

            Dengan tiket masuk sebesar Rp. 5.000., kalian bisa menikmati beberapa spot foto yang indah. Pemandangan sungai dan suara air yang mengalir serta tempat yang sejuk membuat aku tidak pernah berhenti beroto disana. Memang tempat yang begitu nyaman untuk menyembuhkan segala macam kegalauan hati. Eaakkkk.Pengunjung yang datang silih berganti untuk berfoto di teras gubuk tersebut. Bahkan, sampai ada yang mengambil foto berkali-kali hanya untuk kebutuhan feed instagram ala-ala selebgram gitu


 

Selain spot foto yang begitu indah, pengunjung juga dapat menikmati karaoke yang disediakan di Gubuk Praya. Fasilitas karaoke yang disediakan juga membuat para pengunjung enggan untuk beranjak pulang. Pengunjung yang datang saling berebut untuk menyanyikan lagu yang disuakai, karena disana bisa juga dibilang sebagai tempat untuk mengkungkapkan rasa. Selain pengunjung, ada beberapa petugas di sana yang hobi bernyanyi juga lho. Tidak kalah suaranya dengan penyanyi di kondangan yang sudah profesional.

Layaknya sebuah Caffe, Gubuk Praya ini menyajikan beberapa menu makanan. Makanan yang disajikan ialah makanan tradisional. Memang nuansa desa nya sangat kental di tempat ini. Makanan seperti Gejos merupakan makanan desa yang terbuat dari bahan baku singkong. Bahan baku yang sangat mudah di dapatkan di desa.Selain Gejos ada juga ondol dan singkong goreng. Semua makanan disana disajikan secara hangat dan cocok sekali ketika dipadukan dengan kopi hitam manis.

Menu Gubuk Praya



Perlu kalian ketahui, Gubuk Praya ini bisa digunakan untuk rapat, acara keluarga, arisan maupun reuni., Kita perlu reservasi terlebih dahulu maksimal H-1 sebelum pelaksanaan acara. Tidak ada maksimal peserta di acara tersebut selagi tempatnya masih cukup. Menu bisa dipesan sesuai dengan keinginan konsumen. Beberapa menu yang ada di Gubuk Praya bernuansa tradisional.

Intinya, sebagus apapun tempat orang di luar sana. Lebih indah tempat kelahiran kita sendiri. Sejauh apapun kita pergi, rumah dan orangtualah tempat kita kembali.

20 komentar:

  1. Uww kok aku nggak diajakin kak? Mau atuh cobain staycation di sana. Eh bener kan kl di sana bisa buat bobo cantik juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, bawa kasur sama bantal sendiri. Wkwkw
      Aku ajakin, tapi harus bersama pasangan yaa, loh? :D

      Hapus
  2. lucu banget gubuknya kayak dari jerami gitu ya, harga masuknya juga murah banget hanya Rp. 5.000 aja, jadi pengen nyobain ke sana ikutan menikmati suasananya yang tenang banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi iya mbak, semuanya unik. Seperti rumah jaman dulu juga.
      Ayooo, sini mbak

      Hapus
  3. Namanya cukup unik juga. Gubuk Praya. Ini tempat wisata atau cafe? Nuansa jaman dulu ya.. wah, enak tuh kalo duduk-duduk di sana sambil melihat pemandangan hijau. Gubuk Praya itu berada di atas bukit tidak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tempay wisata yg ada cafe nya mbak hihi.
      Iyap, diatas bukit dengan pemandangan sawah dan sungai di bawahnya

      Hapus
  4. tempatnya keren ya, suasana alamnya juga masih terasa banget ya.
    adem banget pasti ya bisa duduk-duduk menikmati suasana alam di sekitar Gubuk Praya ini. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh di coba mbak, kalau lagi pengin menyendiri ini tempat recomend bgt :)

      Hapus
  5. Gubuk Praya tempat wisata di Banjarnegara ya Mbak, noted. Wah daftar makanan dan minumannya murmer bisa bawa keluarga besar nih kl ke sini bareng2 yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Bisa banget bawa keluarga, apalagi keluarga besar bisa banget. :D

      Hapus
  6. Waaa masih asri, tiket murah, harga makanan juga murah bangetz. Harus jadi dikunjungi ini mah.

    Tapi jauhhh dr kediri hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi next siapa tahu ada acara di Banjarnegara :)

      Hapus
  7. Kayanya enak tempatnya, asri ya. Tapi mungkin sekarang lagi agak mendung ngeri kebasahan, enakan pas cerah. Iya ga sih hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak bener. kalau hujan takut jadi keinget mantan mbak, ehh :D

      Hapus
  8. Gubuknya kelihatan sangat menarik, pasti keren buat foto-foto. Lebih menarik lagi daftar menu makanannya itu lho, pasti seru makan-makan enak di udara dingin. Harus docoba ini kalau mampir ke Banjarnegara.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, ayooo mampir. Dicobain makanannya apalagi kalau dimakan hangat bersama kopi atau teh, nikmatnya ehehehee

      Hapus
  9. Tiketnya murah banget. Padahal gubuknya bagus. Kapan kapan kalau ke Banjarnegara mampir ah hehee

    BalasHapus
  10. Untuk kenyamanan seperti yg ditawarkan Gubuk Praya, harga Rp.5000 sangat murah. Semoga destinasi wisata di Indonesia bisa juga dijangkau dengan mudah, murah meriah..

    BalasHapus
  11. Wah, travelling aku suka banget

    Liat foto-fotoku keren-keren banget mbak

    Jadi pengen euii kesana bila ada kesempatan untuk kesana

    BalasHapus
  12. Wah aku jadi penasaran sama Gubuk Praya ini, menikmati suasana alam dan makanan tradisional. Jadi penasaran sama Gejos dan Pisang Bawang. Semoga suatu saat saya bisa singgah ke sini, dan semoga tempatnya masih terjaga dengan asri dan bersih.

    BalasHapus

@templatesyard